Kejujuran adalah kunci dari kesuksesan

Senin, 25 Oktober 2010

Gw vs Aku vs Saya

Halo bloggers !!
Jumpa lagi dengan saya Dika. ( udah kaya acara tv aja )
Akhir-akhir ini saya bepikir. kata yang tepat untuk berbicara terhadap teman sebaya, lebih baik menggunakan "Gw" , "Aku" atau "Saya"  ? Inilah permasalahan yang saya pikirkan.

Permasalahan untuk kata "Gw" :
Saya rasa kata "Gw" ini kurang sopan jika diucapkan terhadap orang lain ( apa lagi yang lebih tua ). Yah biasanya katanya ini hanya di gunakan saat berbicara dengan teman sebaya saja. Tetapi misalkan ada kondisi dimana kita berbicara dengan teman sebaya kita dan ada seseorang yang lebih tua ikut mendengar pembicaraan kita, kan rasanya ga enak gimanaaa gitu. :(

Permasalahan untuk kata "Aku" :
Saya rasa kata "Aku" ini memang lebih sopan dibanding kata "Gw". Tetapi ada masalah dalam pengucapan kata ini karena ada anak anak yang lebih menganggap bahwa jika menggunakan kata "Aku" mengartikan bahwa kita berbicara dengan orang yang kita sayangi atau sejenisnya. Jadi terkadang ada orang yang suka ngegosip ( terutama di kelas ) melakukan keahlian mereka dan beritapun menyebar ke seluruh jagat raya. hahaha. :))

( kalau menurut saya sih tidak ada salahnya menggunakan kata ini saat berbicara dengan teman sebaya, karena bukankah teman teman kita adalah orang yang kita sayangi juga kan ? :) )

Permasalahan untuk kata "Saya" :
Saya rasa kata "Saya" ini juga termasuk kata yang sopan. Kata ini biasa digunakan pada saat berbicara dengan atasan ataupun dengan orang yang lebih tua dan dihormati. Tetapi untuk teman sebaya rasanya terlalu kaku dan formal, dan akan membuat suasananya menjadi sidikit lebih hambar. :|

Nah demikian adalah permasalahan yang saya pikirkan.
Sebenarnya sih saya lebih suka kalau memakai kata "aku" dan "saya" tapi karena sudah terbiasa menggunakan "Gw" untuk teman sebaya, jadi campur aduk deh .hahahaha. :))

Bagaimana dengan anda ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar